Berpisah Dengan Thomas Tuchle, Borussia Dortmund Beberkan Alasannya

Thomas Tuchel sudah dua kali dalam dua musim ini menjadi pelatih Borussia Dortmund. Namun, banyak yang tidak menduga jika dirinya dan Dortmund akan berpisah di musim ini.

Secara resmi Borussia Dortmund memberitahukan bahwa Thomas Tuchel resmi mengundurkan diri di hari Selasa (30/5/2017) waktu setempat. Berita ini diputuskan hanya tiga hari setelah Tuchel membawa Die Borussen menang melawan Eintracht Frankfurt di laga final DFB-Pokal.

Hengkangnya Tuchel dari klub ini sejatinya banyak diprediksi media. Belakangan ini, pelatih ini memang disebutkan tidak akur dengan dua petinggi klub, yakni Hans-Joachim Waztke dan Direktur Olahraga Michael Zorc.

Dalam surat dalam situs resmi Dortmund, Watzke mengisyaratkan hal tersebut. ” Terdapat kritik dari banyak penggemar dengan keputusan Tuchel dan pihak klub. Kami dapat mengerti akan hal tersebut. BVB berjaya dengan pelatih ini dalam dua tahun, dengan mendapatkan prestasi dan target yang kami butuhkan, ” papar Hans-Joachim Watzke.

” Akan tetapi, Direktur Olahraga kami, Michael Zorc dan saya, merasa sulit menghadapi staf pelatih. Melakukan tugas tidak hanya mengenai hasil. Semua klub juga begitu, tidak hanya di Dortmund. Ini berhubungan dengan saling percaya, respek, komunikasi, dan loyalitas. Saat ini, kami tidak dapat melanjutkannya. Itulah alasan kenapa kami harus berpisah setelah musim 2016/2017. ” paparnya lagi.

Lebih lanjut, hal ini tidak sesederhana yang banyak dipikirkan oleh orang di luar klub ini. Akan tetapi, Hans menuturkan bahwa sejatinya tidak ada standar hubungan yang spesial untuk menjadi pelatih Borussia Dortmund ini seperti dengan Thomas Tuchel.

Borussia Dortmund sendiri belum mengungkapkan siapa yang akan menggantikan Tuchel. Tetapi, terdapat banyak nama yang sudah masuk perkiraan, seperti Lucien Favre, Julian Nagelsmann, Niko Kovac sampai Peter Bosz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *