Conte Mengulas Tentang Formasi Chelsea

Formasi yang akan digunakan oleh Chelsea masih belum ditentukan oleh Antonio Conte sampai saat ini. Conte bakal memilih susunan yang tepat dengan menggunakan materi pemain yang dimiliki olehnya.

Ketika masih memimpin Juventus dan tim nasional Italia, Conte sangat sering kali dikatikan dengan susunan pemain 3-5-2. Formasi itu membuatnya merasa lebih flexible, baik pada sisi serangan atau bertahan sekalipun, serta telah terbukti sukses.

Keberhasilan dengan susunan 3-5-2 yang sudah ditunjukkan Conte pada tim Juventus dan juga timnas Italia begitu berpengaruh dengan stok pemain yang dimiliki olehnya. Pada garis belakang ia memiliki 3 pemain yaitu Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, dan Giorgio Chiellini yang tidaklah mudah untuk dilewati ditambah sang penjaga gawang senior yang dapat dikatakan masih oke yaitu Gianluigi Buffon.

Namun, Conte tidak mempunya trio BBC dan juga Buffon pada tim Chelsea. Tak hanya itu, susunan 3-5-2 bukanlah sebuah formasi yang biasa digunakan pada ajang Premier League.

Berhubungan dengan hal ini, Conte mengatakan bahwa ia perlu mengetahui dan mempeljari karakter semua pemain di Chelsea terlebih dahulu sebelum memilih formasi yang tepat untuk timnya.

“Biasanya saat aku sampai pada sebuah tim yang baru, saya berupaya mencari bagian yang sempurna bagi para pemain menurut karakternya masing-masing,” ujar Conte seperti yang dilansir secara resmi oleh Chelsea.

“Saat aku berada di Italia, Aku sering kali mengatakan kalau manajer itu layaknya seorang penjahit. Anda perlu membuat gaun yang paling cocok untuk tim. Anda perlu menghormati masing-masing karakter dari para pemain dan keunggulan mereka yang lalu menentukannya,” sambungnya.

“Pada masa sebelumnya, saya mengawali musim dengan beberapa tim lain pada 1 cara bermain, yang lalu saya mengubahnya karena saya menyaksikan cara untuk para pemain tersebut tak efektif,” ucap sang manajer yang sudah berumur 46 tahun tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *