John Arne Riise Pensiun

John Arne Riise telah menentukan pilihannya untuk akhiri kariernya sebagai pemain sepakbola profesional. Bekas pemain bek Liverpool tersebut menyatakan dirinya akan pensiun di umurnya yang ke 35 tahun.

Klub Liga Norwegia yaitu Aalesund menjadi klubnya yang pertama dan juga menjadi yang terakhir untuk Riise. Riise lebih memilih untuk pensiun sebab dirinya sudah merasa tidak cukup lagi tampil di level paling tinggi.

“Keinginan saya ialah ikut bermain sepakbola pada kelas paling atas dengan Norwegia hingga saya menginjak usia 40 tahun. Tapi, hal tersebut tak terwujud dan mesti terhenti sampai disini saja,” demikian tulis Riise di situs miliknya.

“beberapa akhir ini, datang sesuata yang membuat diri saya merasa benar-benar baru, kalau saya tidak lagi mencukupi untuk tampil dengan performa paling oke. Saya berharap masih dapat bermain sepakbola, namun dorongan saya tak cukup kuat agar dapat berselisih pada tingkat paling tinggi. Tubuh ini serta pikiran telah melewati sangat banyak hal selama 20 tahun terakhir ini,” ujarnya.

Riise untuk kali pertama keluar dari Norwegia di tahun 1998 saat dipinang oleh AS Monaco. Lalu namanya semakin lama semakin cemerlang usai bersama dengan Liverpool di tahun 2001.

Semenjak dirinya bermain untuk The Reds, Riise menangkan 1 trofi Piala FA, 1 trofi Piala di Liga Inggris, 2 trofi di Community Shield, 2 trofi Piala Super Eropa, dan yang paling penting apa lagi kalau bukan titel Liga Champions di tahun 2005.

Lewat Liverpool, Riise melanjutkan penjelajahannya di AS Roma dan bermain untuk klub Italia tersebut sampai dengan 3 musim. Lalu ia balik lagi ke Inggris dan bersama Fulham.

Riise pun sempat bermain di Siprus bersama APOEL dan juga India dengan Delhi Dynamos. Di bulan Maret waktu silam, dia balik lagi ke Aalesund.

Pada tingkat  internasional, Riise bermain untuk tim nasional Norwegia hingga 110 kali dan menyumbangkan 16 cetak angka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *