Klinsmann Dipecat Sebagai Pelatih Tim Nasional AS

Legenda pemain sepakbola Jerman yaitu Juergen Klinsmann sekarang tak lagi menjadi pelatih tim nasional Amerika Serikat. Klinsmann diberhentikan setelah mendapat hasil dari kualifikasi Piala Dunia 2018 yang dapat dikatakan tak bagus.

Pelatih yang berumur 52 tahun tersebut dilepas dari tempatnya usai AS dibuat malu oleh Kosta Rika dengan skor 0-4 pada laga lanjutan kualifikasi, satu pekan kemarin. Hal tersebut merupakan kekalahan paling besar AS pada ajang kualifikasi Piala Dunia sejak tahun 1957.

Pada pertandingan pertama, AS pun kalahdengan skor 1-2 melawan Meksiko sampai sekarang terperosot di urutan paling bawah zona CONCACAF. Hanya sebagai berita, 3 tim paling atas otomatis bakal langusng masuk ke putaran final Piala Dunia.

Sedangkan sedari dirinya dipilih untuk menjadi pelatih AS di tahun 2011 Klinsmann menunjukkan kinerja yang terbilang cukup apik. Tim Paman Sam sampai ke babak 16 besar Piala Dunia 2014, menangkan Piala Emas satu tahun sebelumnya, dan bukukan 12 kali kemenangan secara berturut-turut di tahun 2013.

“Kami ingin ucapkan terima kasih untuk Juergen atas kinerja dan komitmennya dalam waktu 5 tahun ini,” ucap sang Presiden Badan Sepakbola AS Sunil Gulati.

“Kami terus yakin kalau kami mempunyai para pemain yang berkualitas untuk mengantarkan kami terus melaju ke Rusia 2018. Bentuk dan perkembangan tim hingga sekarang ini sudah membuat yakin kami kalau kami cuma harus berjalan ke arah yang lain.”

“Mengingat pertandingan kualifikasi selanjutnya baru akan berlangsung pada akhir Maret, kami dapat mempunyai sejumlah bulan untuk kembali berkonsentrasi kepada tim dan berhasrat untuk pastikan laju yang berhasil untuk masuk ke Piala Dunia ke-8 secara beruntun.”