Madrid Berhemat

Real Madrid melekat sebagai klub yang tak mempermasalahkan tentang dana, hingga diberi julukan Los Galacticos karena senang menimbun banyak pemain bintang. Namun sekarang mereka sedang berhemat.

Musim panas sekarang, Madrid hanya memakai dana sebesar 30 juta euro untuk merekrut pemain baru. Uang tersebut dipakai untuk dana kepulangan Alvaro Morata dari Juventus.

Hingga bursa transfer berakhir pada bulan 31 Agustus malam waktu Eropa, Los Blancos sungguh tidak merekrut pemain lagi. Sedangkan sebelumnya mereka pernah disebut bakal merekrut beberapa pemain yaitu Paul Pogba dan Andre Gomes.

Pogba akhirnya masuk dalam klub Manchester United sementara Gomes bersama dengan Barcelona yang menjadi klubnya yang baru. Dengan 2 pemain yang di target tersebut dilewati, Madrid ternyata tidak memilih untuk menggambil pemain lain.

Dengan jumlah dana belanja cuma mencapai 30 juta itu, Madrid pun tercatat sebagai klub yang mengeluarkan dana paling rendah untuk transfer pemain pada musim panas dari 13 tahun terakhir.

Terakhir kali mereka melakukan belanja pemain dengan jumlah dana yang lebih rendah saat musim panas, ialah di tahun 2003 saat merekrut David Beckham dari MU dengan dana transfer cuma 25 juta euro. Beckham merupakan satu-satunya pemain yang Madrid rekrut saat tersebut.

Sedangkan Madrid mengeluarkan dana paling besar pada bursa transfer musim panas di tahun 2009 silam. Saat tersebut mereka merekrut Cristiano Ronaldo, Ricardo Kaka, Karim Benzema, dan Xabi Alonso dengan jumlah pengeluaran dana sampai dengan 226 juta euro.

Penghematan dana Madrid pada musim panas ini terbilang menjadi sebuah pertanyaan, sebab mereka masih mendapat ancaman sanksi dilarangnya transfer dalam 2 periode soal jual beli pemain. Seperti yang sudah diketahui pada Januari kemarin, Madrid dengan Atletico Madrid, diberi hukuman yaitu larangan transfer tetapi dengan prosesnya ditangguhkan agar menanti proses banding.