Mengintip Daftar Klausal Fantastis Kylian Mbappe di Paris Saint-Germain

Kylian Mbappe di PSG

Paris Saint-Germain pada akhirnya mendapatkan pemain anyar incaran mereka yakni Kylian Mbappe di musim lalu. Akan tetapi, perpindahan pemain muda ini ke klub Liga Prancis ternyata menyisakan banyak tahap negosiasi dan cerita.

Kylian Mbappe sendiri bersedia pindah dengan syarat permintaan yang cukup banyak ketika Klub kaya raya ini menginginkan dirinya untuk memperkuat Paris-Saint Germain. Walau pada akhirnya, sebagian dari syarat dari pemain ini tidak diterima.

Beberapa media setempat mengabarkan jika pemain ini sempat mengajukan banyak klausul dalam kontraknya yang menjadikannya sebagai pemain dengan nilai tertinggi dalam skuad jika dirinya sukses mendapatkan gelar Ballon d’Or.

Pemain muda ini mengharapkan gaji yang sama dengan yang diperoleh Neymar yakni sekitar 30 juta euro atau sekitar 508 miliar rupiah per tahun, namun permohonan tersebut jelas tidak diterima sang klub Ligue 1 dan disepakati jika dia akan mendapatkan bonus senilai 500.000 euro atau sekitar 8,47 miliar rupiah.

Kylian Mbappe alami cedera

Permohonan lainnya dari pemain berumur 19 tahun itu juga tidak diterima oleh pihak Paris Saint-Germain yakni permohonan kompensasi jika klub ini secara administratif tidak ikut bermain di Liga Champions karena “defisit anggaran yang sangat banyak”.

Selain itu, pemain yang pernah memperkuat AS Monaco tersebut juga menuliskan syarat lain yakni 50 jam pemakaian jet pribadi tiap tahunnya, dan sekali lagi permintaan itu tidak diterima sang klub kaya raya tersebut. Akan tetapi, PSG bersedia memberikan 30.000 euro atau 508 juta rupiah tiap bulan untuk menyewa rumah dan biaya tiga karyawan pribadi, kepala pelayan, sopir serta satpam.

Mbappe memang bukan pemain yang mudah, di umurnya yang terbilang muda, dirinya sudah menempati daftar pemain favorit dalam nominasi Ballon d’Or tahun ini. Walaupun sangat kecil kemungkinan dia mendapatkan penghargaan individu tertinggi pada tahun 2018, namun ada kemungkinan dia mendapatkan gelar ini di tahun-tahun mendatang.

Akan tetapi, legenda Barcelona yakni Xavi mengatakan jika Kylian Mbappe belum sepenuhnya pemain yang dewasa dalam dunia sepakbola. Gelandang terbaik itu mengungkapkan jika Mbappe merupakan pemain yang begitu superior secara fisik. Begitu mengesankan memang pada umurnya dia punya banyak kebolehan, namun Xavi melihat jika dia dapat saja mendapat hambatan dalam karirnya.

“Dia masih belum mempunya kedewasaan dan kematangan di lapangan. Namun, dia dapat menjadi salah satu pemain yang mendapat prestasi di masa depan. Dia begitu kuat dalam fisik, tapi itu bukan satu-satunya faktor yang diperlukan di sepakbola dunia, dia harus belajar lebih banyak lagi.” Ucap Xavi.

Lebih lanjut, legenda ini menuturkan jika Neymar merupakan pemain yang layak menjadi the next Lionel Messi karena dia sudah menunjukkan kedewasaan sebagai pesepakbola.