Mengulas Nuno Gomes Yang Tenggelam Karena Cedera

Portugal dikenal sebagai salah satu negara di selatan Eropa yang selalu berhasil menghasilkan bakat-bakat pemain muda di dunia Sepakbola. Selalu konsisten menghasilkan pemain bintang dari nama besar Eusebio pada era 60’an hingga era 90’an dimana Pauleta, Luis Figo hingga Rui Costa menjadi idola para generasi tersebut.

Di era sekarang, Nama Cristiano Ronaldo selalu menjadi bahan pembicaraan terkait sepakbola Portugal. Namun dibalik semua nama tenar tersebut, kita yang mengenal sepakbola Portugal pasti ingat akan nama Nuno Gomes pada era 2002-2012.

Nuno Gomes kerap menjadi sorotan ketika gol pertamanya di Euro 2000 menjadi gol comeback yang berhasil membawa Portugal unggul kala itu. Ia juga sempat mencetak gol pada piala dunia 2002 dan menjadi pemain yang sangat ditakuti ketika dirinya menginjakkan kaki kelapangan. Namun selepas Euro 2004, Gomes banyak menghabiskan waktu di ruang perawatan karena kondisi fisik yang menurun dan sering dilanda cedera kala itu.

Pasca Euro 2004 tersebut pun Nuno Gomes kerap menjadi pemain cadangan di skuat Seleccao dan Gomes tercatat mengakhiri karir profesionalnya di Timnas Portugal pada 2011 silam. Gomes sendiri tercatat sempat tampil 79 kali berseragam Seleccao dan mencetak 29 gol untuk negara asalnya tersebut.

Di kancah Liga, catatan Nuno Gomes sendiri tidak sementereng teman-teman sejawatnya, Gomes hanya sempat membela Benfica pada periode 2002 hingga 2011 dan sebelum akhirnya pindah ke Braga pada musim berikutnya. Gomes pun mengakhiri karir profesionalnya di Blackburn Rovers pada musim 2012-2013 silam dan dari sepanjang karir profesionalnya di Liga, Gomes mencatatkan 158 gol untuk 463 pertandingan di 5 klub berbeda.