Menyedihkan bagi Gianluigi Buffon

Berita yang menggemparkan seputar taruhan bola terbaik muncul saat Gianluigi Buffon mempunyai rancangan ialah tampil pada ajang Piala Dunia 2018 lalu pensiun. Malangnya untuk Buffon, angan-angannya tersebut tak bakal kesampaian sebab tim nasional Italia tidak berhasil lolos ke Piala Dunia.

Jika Italia lolos ke babak final, Piala Dunia 2018 bakal jadi Piala Dunia keenam untuk Buffon. Belum sempat ada pemain yang ambil bagian dalam 6 Piala Dunia.

Buffon pribadi masuk skuat Italia di Piala Dunia 1998, 2002, 2006, 2010, dan 2014. Ia hanya menjadi pemain cadangan di ajang Piala Dunia 1998 dan kemudian menjadi penjaga gawang inti dengan pencapaian paling tinggi berupa titel juara pada tahun 2006.

Gantung sepatu usai bermain di ajang Piala Dunia tentu bakal jadi akhir cerita yang manis untuk masa depan Buffon menjadi pemain sepakbola. Ditambah jika Italia dapat berprestasi di Rusia pada tahun berikutnya.

Sayangnya, rancangan Buffon tersebut sekarang ini menjadi buyar. Penjaga gawang Juventus tersebut cuma akan menjadi penonton sebab Italia tidak berhasil lolos ke babak final. Gli Azzurri digusur Swedia di babak play-off dengan agregat 0-1.

Setelah laga pertemuan kedua play-off pada hari Selasa (14/11/2017) dinihari WIB di San Siro, yang berakhir dengan skor seri tanpa cetak angka, Buffon tidak kuasa menahan rasa sedihnya. Pemain yang berumur 39 tahun tersebut menangis.

“Sangat disayangkan laga resmi terakhir saya bersamaan dengan gagalnya Italia lolos ke Piala Dunia,” ucap Buffon.

Buffon melangsungkan debutnya di tim nasional Italia pada bulan Oktober 1997 dan hingga saat ini catatkan 175 caps. Ia jadi pemain dengan performa paling banyak bersama Italia.

Buffon indikasikan bakal pensiun dari tim nasional usai ini. Walau tidak berhasil ke Piala Dunia, ia percaya sepakbola Italia masih miliki masa depan yang menjanjikan.

“Tentunya ada masa depan untuk sepakbola Italia sebab kami miliki kebanggaan, kebolehan, determinasi, dan usai terjatuh, kami terus temukan jalan untuk berdiri lagi,” ucap Buffon.