Moyes Keluar dari Sunderland

David Moyes secara resmi telah keluar dari kursi manajer Sunderland pada hari Senin (22/5/2017). Sang manajer yang berumur 54 tahun itu tidak berhasil menolong The Black Cats dari jeratan penurunan tingkat.

Moyes dipilih untuk gantikan posisi yang sebelumnya dipegang Sam Allardyce pada musim 2016/2017, tidak berhasil membawa penampilang Sunderland. Sedari awal musim, ‘Si Kucing’ selalu mendapat hasil buruk sampai masuk di tempat juru kunci dengan catatkan 24 poin lewat 38 laga di mana mereka menerima hasil negatif 26 kali.

Sunderland hanya raih 6 hasil oke, 6 hasil seri, dan 26 kali tunduk dengan cuma raih 24 poin dikumpulkan lewat 38 pertandingan. Sunderland pada akhirnya turun ke Divisi Championship.

Chairman Sunderland, Ellis Short, bilang kalau pilihan untuk keluar diambil sendiri oleh Moyes. Sang manajer yang berasal dari Skotlandia tersebut pun bersedia pergi tanpa terima kompensasi dari klub.

“Saya mengincar Moyes dalam waktu yang terbilang lama sebelum memperlihatkannya pada musim panas kemarin, sampai pengumuman kepergian dirinya nampak tidak mudah untuk semua yang berhubungan,” ucap Short pada situs resmi klub.

“Usai lakukan usaha tanpa kenal lelah selama musim untuk terhindar dari penurunan tingkat di ajang Premier League, David ingin keluar dari klub tanpa kompensasi, yang menjadi sebuah bukti dari karakteristik dirinya.”

“Berikutnya kami bakal bikin refleksi, lalu berkonsentrasi lakukan pendatangan dan melangsungkan pramusim menjadi persiapan melangsungkan musim Championship kami. Kami ingin yang paling oke untuk David.”

Moyes memberi balasan dengan bilang terima kasih pada Sunderland, sambil memberi doa supaya selekas mungkin promosi kembali.

“Saya ingin yang paling untuk pemain dan suksesor saya dalam upaya yang dilakukan untuk kembali promosi ke ajang Premier League pada musim berikutnya,” ucap bekas manajer Everton dan Manchester United tersebut.