Pasukan Islandia Siap Tanding Untuk Mengubah Hidup

Pemain-pemain Islandia serupa dengan pasukan yang siap untuk bertarung menghadapi pasukan dari Inggris. Kalau menang hadapai Inggris, mereka pun yakin kehidupan mereka akan berubah.

Hal tersebut dikatakan salah satu pelatih dari Islandia yaitu Heimir Hallgrimsson. Hallgrimsson mengungkapkan hal tersebut sebelum pertandingan babak 16 besar di Piala Eropa 2016 menghadapi Inggris yang akan berlangsung di Allianz Riviera, Nice, pada hari Selasa (28/6/2016) dinihari WIB.

Sebelumnya, Islandia dan Britania Raya sempat ikut serangkaian konfrontasi dalam merebutkan perairan, yang biasa disebut dengan Perang Kod. 2 negara itu berseteru tentang hak mengambil ikan di Atlantik Utara pada tahun 1950-an dan 1970-an. Perselisihan tersebut selesai pada tahun 1976 usai Britania Raya akui daerah ekonomi eksklusif Islandia sepanjang 200 mil.

“Saya menganggap hal tersebut adalah satu-satunya saat dimana Islandia melaju untuk berperang,” ucap Hallgrimsson dengan senyum.

“Para pemain kami tidaklah banyak untuk memiliki pasukan. Kami bisa saja akan mudah ditundukkan kalau kami tetap bertarung karena kurangnya orang,” sambungnya.

Islandia sekarang akan kembali bertarung menghadapi Inggris, namun di atas laga. Walau Inggris lebih difavoritkan, Hallgrimsson dengan tegas mengatakan kalau para pemainnya tidak akan gentar.

“Maka, para pemain ini merupakan pasukan dari Islandia. Itulah mengapa semuanya memberi dukungan pada mereka. Adu fisik, kami tak gentar. Saya anggap semua pemain sudah memperlihatkan kalau mereka dapat membuat imbang laga melawan siapapun pada zona tersebut,” kata Hallgrimsson.

“Kami sudah menciptakan angka dengan keadaan bola yang mati nyaris di semua laga. Kami perlu fokus supaya tak lagi kebobolan saat berhadapan dengan Inggris dan hari kami akan menjadi lebih baik,” ujar dia.