Pensiun, Ini Sederet Prestasi Xavi Hernandez di Barcelona

Pensiun, Ini Sederet Prestasi Xavi Hernandez di Barcelona

Xavi Hernandez akan segera gantung sepatu di penghujung musim ini. Namun, namanya akan tetap menjadi legenda Barcelona dengan beragam prestasi yang sudah dia ciptakan selama menjadi gelandang atas di klub Spanyol itu.

Xavi Hernandez sendiri merupakan pesepakbola dunia yang pernah memperkuat Timnas Spanyol dan saat ini dia sudah mencapai usia ke-39 tahun. Ke depannya, pemain ini akan mengincar posisi sebagai pelatih di penghujung musim mendatang setelah ia pernah memimpin Al Sadd saat klub Qatar tersebut mendapat Emir Cup.

Xavi sendiri sudah banyak mencatatkan prestasi sebagai pesepakbola dunia dengan klub lamanya, yakni Barcelona. Ia memperkuat Camp Nou sejak berumur 11 tahun di tahun 1991 yang lalu. Kemudian dia memutuskan pindah dari Barca di tahun 2015 lalu. Gelandang dengan 505 laga bersama tim inti Barca tersebut sudah membukukan 58 gol.

Xavi sendiri merupakan pemain dari akademi La Masia yang sudah mencatatkan delapan gelar LaLiga, empat piala Liga Champions serta tiga piala Copa del Rey selama 24 tahun mengabdi di Barca termasuk saat bermain di tim muda dan Barca B dalam karirnya. Xavi sendiri merupakan salah satu pemain yang paling populer dan memiliki catatan apik dalam mendapat gelar juara Camp Nou bersama pemain lainnya.

Xavi sudah mencatatkan rekor bermain dengan tim Barca sebanyak 767 kali. Namun, kini kapten Barca yakni Lionel Messi sudah mulai melampaui catatan tersebut dengan bermain di 682 laga serta Andres Iniesta di 674 laga mereka.

Xavi merupakan salah satu pemain dari sembilan yang tercatat dalam legenda LaLiga yang sudah tampil di lebih 500 laga untuk semua kompetisi yang mereka jalani. Xavi membukukan laga sebanyak 505 di laga LaLiga, mendekati catatan dari pencapaian Andoni Zubizarreta sebanyak 622 laga.

Xavi mendapatkan 13 kegagalan dalam laga El Clasico kontra Real Madrid, dari 42 kali laganya di laga Clasico itu. Dia juga membukukan lima gol menuju gawang Los Blancos. Selain berprestasi di Barca, Xavi juga sudah ikut ambil bagian dari 25 kemenangan di derby Catalan kontra Espanyol, dan penampilannnya sangat mengesankan. Xavi membukukan enam gol dalam laga tersebut,  bermain di 36 laga dengan 25 lainnya mencatatkan kemenangan.

Xavi sudah mencatatkan 133 laga dengan Timnas Spanyol, dan dia merupakan salah satu dari 13 pesepakbola dunia yang sudah membukukan satu abad laga bagi negaranya tersebut. Hanya Sergio Ramos dengan 162 laga yang dia mainkan dan Iker Casillas dengan 167 laga yang menjadi pemain melampaui kinerja Xavi di Spanyol.

Walau  tidak menjadi gelandang terbaik di dunia, akan tetapi Xavi Hernandez sudah membukukan gol ke-1000 dalam laga Timnas Spanyol selama dia bergabung. Catatan apik itu tercipta saat La Furia Roja menang atas Irlandia Utara dengan skor 3-2, pada babak Kualifikasi Piala Eropa pada September 2006.