Peran Andres Iniesta yang Menurun

Bersama Barcelona, peran Andres Iniesta semakin menurun seiring makin kecilnya kesempatan untuk ia tampil pada musim ini. Apa yang sedang terjadi pada dirinya?

Selama musim 2016/2017, Iniesta baru tampil 13 kali di kompetisi La Liga dengan 10 di antaranya tak tampil full. Terakhir kali sang kapten dapat tampil penuh di tanggal 8 Januari 2017 saat Barcelona di tahan seri dengan skor 1-1 saat berhadapan dengan Villarreal.

Di Copa del Rey, Iniesta telah tampil 4 kali. Namun, pencipta angka tunggal pada babak final Piala Dunia 2010 tersebut cuma dapat main full ketika El Barca menangkan laga atas Atletic Bilbao dengan skor 2-1 di pertandingan tandang.

Di ajang Liga Champions, pemain yang berumur 32 tahun tersebut baru tampil 5 kali lewat 7 pertandingan yang dilewati Blaugrana. Tetapi, Iniesta tercacat hanya tampil full sampai 1 kali saat timnya menang dengan skor 2-1 pada pertandingan tandang melawan Bourssia Monchengladbach.

Apa yang sedang terjadi pada Iniesta musim ini?

Kalau ditarik kembali ke belakang, Iniesta telah 2 kali alami cedera pada bagian lutut dan satu kali dibagian otot. Keadaan tersebut buat kapten Barcelona itu perlu mondar-mandir masuk ruang perawatan.

Bencana pertama berlangsung di tanggal 14 Agustus 2016 saat Barcelona menangkan laga dengan skor 2-0 saat berhadapan dengan Sevilla di Piala Super Spanyol. Pemain yang lulus dari akademi La Masia tersebut perlu ditarik keluar di menit ke 36 karena alami cedera pada bagian lutut.

Sedari menjalani waktu perawatan dan pemulihan, Iniesta absen pada 3 pertandingan bersama Barcelona sebelum bermain lagi di tanggal 10 September 2016 saat timnya tunduk dengan skor 1-2 melawan Alaves di La Liga.

Belum masuk 2 bulan pasca comeback, Iniesta lagi-lagi kesakitan pada pertandingan melawan Valencia di tanggal 22 Oktober 2016 karena kembali alami cedera lutut. Waktu istirahatnya juga 41 hari, atau 2 kali lebih banyak dibanding sebelumnya.

Usai istirahat cukup lama, Iniesta bermain lagi untuk Barcelona pada pertandingan El Clasico yang berakhir dengan skor imbang 1-1 di La Liga. Ia masuk pada menit 60 gantikan Ivan Rakitic. Walau hanya tampil 30 menit, performanya tak terlalu jelek. Ia sukses ciptakan 2 umpan kunci, 2 intercept, dan ketepatan umpan sampai 96,3 persen.

Pada tahun 2017 persoalan Iniesta pada lutut telah berakhir, namun soal lain hadir. Ia kembali kesakitan karena persoalan otot pada pertandingan melawan Real Sociedad di Copa del Rey pada tanggal 19 Januari 2017. Peristiwa itu ikut akhiri performa 90 menit Iniesta sedari 5 pertandingan berturut-turut.

Walau waktu penyembuhan cuma 19 hari, Iniesta absen 7 laga yang dilangsungkan Barcelona. Pasca pulih dari cedera, ia tak lagi tampil full pada 6 pertandingan terakhirnya.