Pesepakbola Dunia Galang Dana Untuk Bantu Pencarian Emiliano Sala

Emiliano Sala hilang

Proses pencarian pemain baru Cardiff City yakni Emiliano Sala akan segera dilakukan kembali. Bahkan demi proses pencarian pemain ini, beberapa pesepakbola populer melakukan penggalangan dana demi memberikan dana untuk pencarian pemain yang terakhir bermain di Nantes yang hilang di kawasan Kepulauan Channel tersebut.

Beberapa media setempat melaporkan jika pada Sabtu (26/1) sore, dana yang terkumpul senilai 130 ribu Poundsterling atau sekitar Rp2,41 miliar dari dua ribu orang pemain yang ikut berdonasi hanya sekitar satu hari.

Penggalangan dana sebelumnya dirilis oleh Sport Cover atas nama agen Emiliano Sala, yakni Meissa N’Diaye, pihak agensi bola yang ada di Paris. Para pemain sepakbola dunia yang sudah memberikan donasinya, salah satunya adalah Adrien Rabiot yang memberikan 25 ribu Euro atau sekitar Rp400 juta.

Emiliano Sala alami kecelakaan

Sementara itu, pemain Manchester City yakni Ilkay Gundogan serta Dimitri Payet juga ikut memberikan sumbangan untuk membantu pencarian Sala. Selain mereka, ada juga Demarai Gray dan Corentin Tolisso, pemain dari Leicester City yang ikut memberikan kontribusi pada pengumpulan dana ini.

Dalam pesan yang ditulis dalam situs penggalangan dana untuk pencarian pemain asal Argentina ini terdapat beberapa tanda pagar atau tagar dalam bahasa Spanyol yakni #NoDejenDeBuscar Emiliano Sala, yang artinya adalah ‘Jangan Berhenti Mencari Emiliano Sala’.

“Dana yang dia kumpulkan merupakan hal yang terjadi karena situasi saat ini sangat penting dan keputusan pihak yang berwajib yang memutuskan tidak akan melanjutkan proses pencarian,” tulis salah satu pernyataan yang dibeberkan pada situs tersebut.

Lebih lanjut, tujuan utama penggalangan dana ini adalah berupaya membantu keluarga Emiliano Sala dan pilot Dave Ibbotson untuk memperoleh berita tentang keduanya.

Selain para pemain, ada penggemar yang juga memberikan senilai 20 Euro. Sang penggemar bahkan menuliskan pesan, bahwa dirinya begitu terpukul dengan musibah yang dialami oleh Emiliano.

Emiliano Sala

Proses pencarian pesawat berjenis Piper PA-46 Malibu yang dinaiki pemain ini menuju ke Cardiff City disebutkan hilang kontak di kawasan Kepulauan Channel. Pemain 28 tahun tersebut sebelumnya memutuskan untuk pulang ke Nantes sebentar dan mengucapkan selamat tinggal pada rekan-rekannya sebelum ke Cardiff City. Naasnya, pemain ini tidak akan pernah sampai ke klub barunya tersebut.

Keputusan pihak otoritas Guernsey menghentikan pencarian kedua korban pada Kamis (23/1) lalu – tiga hari setelah kecelakaan terjadi, ditentang beberapa pihak, diantaranya mantan pacar Emiliano Sala, yakni Berenice Schkair.

Pernyataan presiden klub remaja Sala di Argentina juga menyebutkan jika Sala harusnya tetap dicari hidup atau mati. Keluarga Emiliano sendiri mengirim surat pada Presiden Argentina, yakni Mauricio Macri dan meminta pihak Inggris dan Prancis berupaya dalam mencari kembali keberadaan Sala.

“Saat ini, Presiden Mauricio Macri sudah memberikan perintah pada Menteri Luar Negeri, Jorge Faurie, untuk berkomunikasi secara resmi pada pemerintah Inggris dan Perancis untuk melanjutkan proses pencarian,” tulis pernyataan resmi dari kepresidenan Argentina.