‘Spanyol Harus Memulai Era Baru’

Julen Lopetegui sang pelatih baru tim Spanyol, menginginkan agar timnya lekas melupakan atas kejadian di masa yang telah lewat. Ia ingin agar timnya memulai dengan periode yang baru di tim nasional Spanyol.

Spanyol sempat sangat menjadi unggul di dunia sepakbola. La Furia Roja menjadi juara di 3 ajang mayor secara berturut-turut, dari ajang Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012.

Namun Spanyol dalam sejumlah tahun terakhir ini mengalami penurunan. Usai tergusur di tahap grup pada Piala Dunia 2014, Spanyol selanjutnya cuma masuk pada babak 16 besar di Piala Eropa 2016.

Lopetegui, yang menjadi pengganti Vicente del Bosque, yakin kalau sekarang ini merupakan saat dimana harus memulai era yang baru di tim nasional Spanyol.Ditambah rintangan baru sekarang pun telah menunggu, yaitu kualifikasi pada Piala Dunia 2018.

“Spanyol telah unggul di sepakbola dunia dalam 1 dekade dan saat ni 2 kejuaraan hadir yaitu Piala Dunia dan Piala Eropa, dan kami tak melakukannya,” ucap Lopetegui.

“Ini merupakan sebuah hal yang nyata, dan apa yang perlu kami lawan sepanjang kualifikasi untuk Piala Dunia 2018, yang bakal tidak mudah dilalui,” sambung bekas pelatih Porto tersebut.

“Namun kami perlu mengeluarkan seluruh tenaga untuk barmain oke dalam sejumlah hal yang dapat kami kuasai. Kami menyadari betapa sulit kualifikasi, namun potensi dari tim Spanyol dan kebolehannya.”

“Anda perlu menghidupkan sebuah pembaruan yang konstan. Spanyol memiliki penerus yang oke dalam catatannya, namun (Carles) Puyol, Xavi tak ada lagi di tempat itu. Anda tak dapat hidup dengan dibayangi masa yang telah lalu. Saat ini saya ingin memadu sejumlah penerus paling bagus,” ujarnya.