Tak Dapat Izin Dari UEFA, Laga Barcelona vs Girona Dibatalkan

Barcelona vs Girona

Barcelona memutuskan tidak akan menghadapi Girona dalam kompetisi La Liga 2018-2019 jika laga ini akan dilaksanakan di Amerika Serikat. Hal ini diyakini agar Barca tidak mendapatkan hukuman dari UEFA dan FIFA karena bermain tanpa izin dari pihak federasi tersebut.

Dari sanksi yang akan diberikan oleh pihak UEFA pada Barcelona dan timnya yakni tidak akan bermain di kompetisi Liga Champions musim ini atau bahkan sampai dua musim mendatang. Selain itu, hukuman lainnya dari pihak FIFA adalah larangan bagi pemain timnas dari Barca menjadi wakil negara mereka pada musim yang sama.

Petinggi UEFA, yakni Aleksander Ceferin mengungkapkan pada 3 Desember yang lalu jika tak ada pertemuan bersama otoritas sepakbola Eropa yang membicarakan soal laga yang memperemukan Barcelona VS Girona yang dilaksanakan di Miami, seperti yang diputuskan oleh petinggi La Liga, yakni Javier Tebas.

“Namun dalam hal ini, pihak La Liga tidak memiliki ijin resmi, yang bahkan belum mereka bicarakan dengan pihak Federasi Sepakbola Spanyol serta badan sepakbola AS, UEFA serta Concacaf. Jika hal ini tidak dibicarakan bersama, maka laga akan dibatalkan,” tegas Ceferin.

Ceferin sudah bertemu dengan petinggi RFEF, yakni Luis Rubiales, di Valencia pada Rabu waktu setempat. RFEF memang dari dulu selalu tidak memberikan izin pada laga yang dilaksanakan di Miami. Untuk pihak UEFA atau RFEF sudah sepakat pada keputusan Barca yang tidak melanjutkan laga agar tidak mendapat masalah dengan pihak federasi nasional mereka.

Akan tetapi, hal ini tidak serta merta selesai dengan keputusan itu, pihak RFEF dan LaLiga akan membicarakan ini di pengadilan pada Kamis ini, untuk merumuskan beberapa hal sehubungan dengan pelaksanaan laga di Miami tersebut. Akan tetapi, sepertinya Javier Tebas tidak akan melakukan pertemuan tersebut setelah tahu jika Barca sudah memberikan keputusan tidak akan melanjutkan laga La Liga 2018-2019 ini.

Javier Tebas, Presiden La Liga

Kontrak 15 Tahun La Liga di Amerika

Javier Tebas sendiri sudah memberikan tandantangannya terkait kesepakatan pada pihak perusahaan promosi olahraga AS, yakni Relevent, untuk melaksanakan laga Liga Spanyol di Amerika Utara selama 15 tahun ke depan.

Walau dirinya sudah memutuskan untuk tidak melanjutkan laga Barcelona vs Girona di Miami di jalur hukum, presiden La Liga tersebut akan tetap melaporkan hal ini sesuai dengan hukum yang berlaku demi mendapatkan izin melaksanakan laga mereka di luar Spanyol.

“Terdapat gugatan yang memang akan diteruskan di pengadilan. Apa yang sudah kami rencanakan adalah mengharapkan mendapat izin secara hukum untuk bermain di AS, atau lokasi selain Spanyol. Kami ini terus dapat melaksanakan laga dengan baik tanpa masalah. Karena petisi inti kami, bisa melaksanakan laga di tempat yang bebas tanpa adanya sanksi,” tutup Javier Tebas.